Sekolah

Kembali ke Sekolah dan Jauh dari Facebook

Semua orang ada di Facebook. Di antara anak-anak dan remaja, itu adalah bagian dari kehidupan mereka seperti halnya olahraga dan pekerjaan rumah setelah sekolah. Dan bagi sebagian orang, itu adalah obsesi dan bahkan bagian terpenting dari rutinitas sehari-hari mereka, sering mengganggu sekolah, tidur, aktivitas fisik atau hanya melihat teman di kehidupan nyata. Orang tua perlu mengetahui apa itu Facebook dan bagaimana anak-anak mereka menggunakannya. Facebook menjadi sangat populer dan universal karena menyenangkan, bermanfaat, dan mudah. Tetapi anak-anak dan remaja tidak menyadari bahwa mereka perlu menjaga keseimbangan penggunaan internet mereka sepanjang sisa hidup mereka.

Jangan terkecoh dengan berpikir bahwa batas usia miyabi 13 tahun di Facebook berarti anak Anda yang berusia 10 tahun tidak menggunakannya. Semakin banyak anak di bawah umur yang berbohong tentang usia mereka dan mengklik akun Facebook mereka sendiri. Kebanyakan orang tua akan merasa sulit untuk memprotes. Facebook telah berkembang menjadi bagian penting dan sentral dari kehidupan sosial generasi ini, ada kekhawatiran yang tulus akan merugikan posisi sosial anak jika mereka tidak dapat berkomunikasi dengan teman melalui Facebook.

Anak-anak dari usia 9-11 tahun cenderung menjadi pengguna Facebook yang lebih ringan sementara anak-anak yang lebih tua dan remaja adalah pengguna berat. Bukan hal yang aneh bagi anak-anak untuk menghabiskan beberapa jam setiap hari menggunakan Facebook. Apa yang mereka lakukan di sana? Mengobrol, memposting pembaruan, mengunggah foto dan video, dan memainkan game Facebook seperti FarmVille dan Zynga Poker. Ada ribuan aplikasi yang sudah tersedia untuk pengguna Facebook dan pengguna sendiri dapat membuat aplikasi mereka sendiri – kuis dan survei digunakan secara teratur. “Suka” yang sudah terkenal adalah contoh aplikasi Facebook. Siapa yang belum “menyukai” sesuatu di Facebook sekarang? Untuk orang dewasa, itu mungkin sesuatu yang Anda lakukan tanpa banyak berpikir, tetapi beberapa anak terus melacak kesukaan mereka dan menganggapnya sangat serius. Bayangkan ketika seorang siswa kelas 6 memposting foto dirinya dan mendapat 50 suka dan temannya memposting foto dan tidak mendapatkan satu pun! Mereka memperhatikan. Dan semua teman mereka memperhatikan.

Beberapa anak melaporkan terus-menerus memeriksa Facebook sepanjang hari. Misalnya, saat mereka duduk di kamar menonton film di komputer, mereka akan menjeda film setiap 20 menit untuk memeriksa apakah ada yang baru di Facebook. Hampir dijamin, lebih dari satu dari 100, 200, atau 1.000 teman mereka akan memposting sesuatu selama periode singkat itu. Ini mungkin tidak menarik – tetapi ini “baru” dan mereka merasa terdorong untuk melihatnya.

Selama bulan-bulan musim panas, penggunaan Facebook meningkat. Anak-anak menggunakannya untuk mengisi waktu mereka, untuk membuat rencana dengan teman-teman, untuk tetap berhubungan dengan teman-teman yang mungkin telah pergi selama musim panas dan untuk memberi tahu semua orang betapa hebatnya musim panas yang mereka alami dengan pembaruan, gambar, dan klip.

Ada banyak hal yang bisa dikagumi dari Facebook. Ini adalah alat yang luar biasa untuk membuat kita tetap berhubungan dengan teman dan keluarga dan membuatnya sangat mudah untuk melakukan banyak hal. Tetapi kami semakin menyadari bahwa ini menghadirkan beberapa masalah serius bagi banyak pengguna muda. Ada yang menyebutnya sebagai Facebook Addiction Disorder. Tapi tidak masalah apa yang Anda sebut itu. Hanya saja anak-anak Anda mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook dan Internet. Mereka mungkin mengabaikan bertemu teman secara langsung dan mengembangkan preferensi untuk mempertahankan hubungan online melalui jaringan. Mereka mungkin menggunakan Facebook ketika mereka seharusnya melakukan hal lain. Mereka mungkin merasa seperti mereka tidak bisa tanpanya.

Sebagai orang tua, Anda perlu bertanggung jawab dan menyadari potensi masalah ini. Cari tahu apa yang dilakukan anak-anak Anda di Facebook, berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk itu, dan tetapkan batasannya. Saat sekolah dimulai, Anda perlu tahu bahwa mereka fokus dan tidak terganggu sepanjang hari dengan pembaruan Facebook dan godaan untuk bermain game Facebook.

Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak Parental Control untuk memblokir Facebook dan mengontrol penggunaan Internet secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.